ABSENSI QR CODE KTS SMAN 1 PULAU BANYAK BARAT

 


Mulai Senin, 10 Januari 2022, SMAN 1 Pulau Banyak Barat akan menerapkan absensi/presensi dengan scan QR Code. 

Quick Response Code sering di sebut Qr Code atau Kode QR adalah semacam simbol dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave yang merupakan anak perusahaan dari Toyota sebuah perusahaan Jepang pada tahun 1994. Tujuan dari Qr Code ini adalah untuk menyampaikan informasi secara cepat dan juga mendapat tanggapan secara cepat. Pada awalnya Qr Code digunakan untuk pelacakan bagian kendaraan untuk manufacturing. Namun sekarang, telah digunakan ntuk komersil yang ditujukan pada pengguna telepon seluler. Qr Code adalah perkembangan dari barcode atau kode batang yang hanya mampu menyimpan informasi secara horizontal sedangkan QR Code mampu menyimpan informasi lebih banyak, baik secara horizontal maupun vertikal.

Cara kerjanya sederhana:
1. Siswa mendapatkan KTS (Kartu Tanda Siswa) mereka masing-masing, sama saja dengan KTS pada umumnya, hanya pada KTS ini ada Barcode yang nanti ketika discan berfungsi sebagai absensi/presensi siswa. Setiap hari siswa wajib membawa KTS yang sudah dibagikan.

2. Guru Piket sebelum memulai apel pagi men-scan QR Code yang ada pada KTS masing-masing siswa.

3. Setiap awal bulan, Rekap (sheet) presensi bulan sebelumnya akan di print dan dibagikan kepada masing-masing wali kelas. Dalam rekap akan tercatat kehadiran siswa hari/tanggal hingga jam sampai detik kedatangannya.

4. Softcopy rekap presensi nanti juga akan dibagikan kepada group whatsapp Kelas sebagai bahan evaluasi wali kelas terhadap kehadiran peserta di kelas tersebut.

5. Rekap final akan diserahkan kepada Kepala Sekolah.

Untuk siswa merupakan tahap awal, nantinya absensi berbasis QR Code akan diberlakukan juga untuk Guru/Pegawai TU.


*ht

1 Comments

  1. Mantap,, bagaimana jika siswa men-Scan dari rumah?? Bagaimana solusinya,,??

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post